E-BUSINESS
dan E-COMMERCE
E-Business merupakan
suatu sistem informasi dan teknologi lebih lanjut yang secara khusus digunakan untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh
proses bisnisnya. E-business bukan hanya merupakan interaksi antar
eksternal organisasi,
tetapi juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk
mendesain kembali proses internalnya.
Dan
bahkan untuk saat ini, bagi
organisasi dalam berbagai industri, ikut serta dalam e-business bukan lagi
merupakan pilihan, tetapi suatu kebutuhan.
Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan
meningkatkan:
- Efisiensi operasi internal.
- Perencanaan.
- Efisiensi dan efektivitas aktivitas pendukung sumber daya manusia dalam rantai nilai.
- Efisiensi dan efektivitas pembayaran pelanggan.
E-Commerce adalah sebuah sistem yang
berbasis internet dan biasanya perusahaan menggunakan untuk melakukan transaksi
jual beli barang secara online. Customer atau calon pembeli dapat melihat
katalog barang-barang yang dijual. Kemudian bagi customer yang akan ingin
membeli dapat mengkonfirmasi langsung ke penjual dan sistem pembayaran
dilakukan secara digital atau transfer.
Jadi, Kedua istilah e-commerce
dan e-business apabila tidak dipahami terlebih dahulu akan
membuat pembahasan tentang e-commerce itu sendiri menjadi
berputar-putar dan tidak sistematis. Hal ini disebabkan karena kebingungan
menentukan istilah yang paling cocok untuk mewakili konsep perdagangan dengan
sarana elektronik.
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce
dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang
benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang),
sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang
sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen,
peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial
lainnya.
Selain perbedaan seperti yang
telah disebutkan e-commerce dan e-business juga memiliki
kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih
besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan
terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing
dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media internet.
0 komentar:
Posting Komentar