Rabu, 16 November 2016

PERBEDAAN E-COMMERCE dan E-BUSINESS

E-BUSINESS dan E-COMMERCE

            E-Business merupakan suatu sistem informasi dan teknologi lebih lanjut yang secara khusus digunakan untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya. E-business bukan hanya merupakan interaksi antar eksternal organisasi, tetapi juga  termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.
Dan bahkan untuk saat ini, bagi organisasi dalam berbagai industri, ikut serta dalam e-business bukan lagi merupakan pilihan, tetapi suatu kebutuhan.  Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan meningkatkan:

  • Efisiensi operasi internal.
  • Perencanaan. 
  •  Efisiensi dan efektivitas aktivitas pendukung sumber daya manusia dalam rantai nilai. 
  • Efisiensi dan efektivitas pembayaran pelanggan. 


            E-Commerce adalah sebuah sistem yang berbasis internet dan biasanya perusahaan menggunakan untuk melakukan transaksi jual beli barang secara online. Customer atau calon pembeli dapat melihat katalog barang-barang yang dijual. Kemudian bagi customer yang akan ingin membeli dapat mengkonfirmasi langsung ke penjual dan sistem pembayaran dilakukan secara digital atau transfer.

Jadi, Kedua istilah e-commerce dan e-business apabila tidak dipahami terlebih dahulu akan membuat pembahasan tentang e-commerce itu sendiri menjadi berputar-putar dan tidak sistematis. Hal ini disebabkan karena kebingungan menentukan istilah yang paling cocok untuk mewakili konsep perdagangan dengan sarana elektronik.

Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.

Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan e-commerce dan e-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media internet.

0 komentar:

Posting Komentar